Sebagian pendapat sempat mengatakan bahwa iPhone 5S digadang-gadangkan sebagai standar baru dari sebuah smartphone hebat, bagi para perusahaan kompetitor Apple. Namun bila ditilik lebih jauh lagi, semua keunggulan yang ada di ponsel ini ternyata telah bisa digunakan di iPhone 5.
Simak daftar tips yang akan membuat iPhone 5 berperforma setara dengan iPhone 5S, seperti yang JerukNipis kutip dari Cnet:

Install iOS 7

iPhone 5S sudah pasti akan beroperasi dengan sistem iOS 7. Namun tahukah Jerukers apabila sistem operasi ini juga akan bisa digunakan di iPhone 5?

Prosesor berkecepatan tinggi

Prosesor 64 bit A7 harus diakui memang menjadi salah satu andalan Apple di iPhone 5S. Dengan daya pemrosesan tingkat tinggi, niscaya smartphone ini akan bisa bekerja secara optimal. Namun pertanyaannya adalah, apakah kalian pernah merasakan kinerja yang lambat dari iPhone 5? Apakah iPhone 5 pernah melambat dan mengecewakan Jerukers?
Kemunculan prosesor A7 tidak serta-merta membuat iPhone 5 menjadi lebih lambat. Secara umum, iPhone 5 masih bisa digunakan secara optimal. Sejauh ini, JerukNipis juga belum mendengar adanya keluhan apa pun seputar performa dari iPhone 5.

Meningkatkan kualitas kamera

Kamera pada iPhone 5S patut diakui menyimpan sejuta potensi untuk tampil terdepan, dibandingkan para kompetitor di kelasnya. Keberadaan sensor baru, memungkinkan kita untuk mengambil gambar meskipun berada di dalam kondisi yang kurang pencahayaan  (low-light). Selain itu, fitur two-tone flash juga akan meningkatkan akurasi warna.
Tentu saja fitur-fitur tersebut tidak terdapat di dalam iPhone 5. Namun, bukan berarti kalian tidak bisa menyiasatinya. Jerukers hanya perlu mengunduh beberapa aplikasi yang akan mampu meningkatkan kualitas pengambilan gambar. Salah satu yang terbaik adalah aplikasi Cortex Camera. Aplikasi ini akan meningkatkan kualitas pengambilan gambar, meski berada di dalam kondisi low-light. Terkait dengan kemampuan pengambilan gambar slo-mo, aplikasi SloPro juga dapat membuat iPhone 5 kalian memiliki kemampuan untuk mengambil gambar gerak lambat.

Warna emas

iPhone 5S berwarna emas atau gold champagne, tentu telah merebut perhatian massa saat pertama kali dibocorkan. Namun lagi-lagi, Jerukers tidak perlu membeli ponsel tersebut untuk dapat menggunakan sebuah iPhone emas. Kalian hanya perlu membeli skin baru yang membuat ponsel cerdas milik Apple ini tampil memukau.

Fingerprint scanner

Untuk fitur yang satu ini, kita patut mengakui inovasi yang dibangun oleh Apple. Dengan membangun teknologi Touch ID dan ditanamkannya di dalam tombol “Home”, Apple menawarkan sistem keamanan terbaru yang diklaim akan lebih baik dari penggunaan password. Namun, apakah fitur ini tidak bisa didapatkan di iPhone 5? Tentu saja bisa!
Satu hal yang perlu kalian lakukan hanyalah mengunduh aplikasi bernama Mood Finger Scan. Dengan aplikasi tersebut, Jerukers tidak hanya akan mendapatkan sebuah sistem keamanan lewat pemindaian sidik jari, tetapi juga bisa mendapatkan prediksi dari mood kalian. Sayang, aplikasi ini tampaknya hanya akan bisa digunakan di iPhone 5 ke bawah.

Sumber Republika.co.id