Sering yang terjadi pada saat upgrade BlackBerry Messenger / BBM atau upgrade OS adalah BBM Groups error, bermasalah, group tidak bisa kembali semua, member group tidak lengkap, tidak bisa di recover/restore walaupun sudah lakukan restore via email.

Hal ini bisa terjadi karena masalah dengan sync BlackBerry anda dengan server RIM BBM pada saat upgrade. Karena signal jaringan yang tidak stabil pada saat upgrade dan bisa jadi karena upgrade OS anda mempunyai versi BBM yang lebih rendah dari BBM yang anda sudah instal upgrade.

Berikut adalah tips untuk menyelamatkan BBM Groups anda di BlackBerry Messenger:
  1. Sebelum anda upgrade OS, backup data BlackBerry anda dengan BlackBerry Desktop Manager, pastikan Mobile Network dan semacamnya di OFF (di manage connections)
  2. Lakukan Backup BlackBerry data dengan BlackBerry Desktop Manager, juga lakukan backup BBM ke memory card dan email.
  3.  Lakukan upgrade OS
  4.  Setelah menginstall os dan aplikasi yang di inginkan, cabut baterai
  5. Jangan hidupkan signal, lalu Restore data via BlackBerry Desktop Manager, step restore harusnya secara otomatis.
  6. Setelah restore semua, jangan lakukan apapun, cabut baterai lagi.
  7. Dalam kondisi sinyal masih off, coba buka BBM anda dan pastikan BBM group anda sudah lengkap beserta isi membernya
  8. Kalau masih gagal, tinggal nyalakan sinyal, dan tunggu recovery seperti biasa.
  9. Kalau masih tidak di recover, karena kadang recovery bisa berhenti. Yang perlu di lakukan adalah, buka tab “system message” klik groups yang perlu di recover, kadang di sebut unknown groups / failed recovery / recovery in progress. Tekan menu bb dan pilih retry recovery.
  10. Kalau masih bermasalah, dimana, groups members tidak lengkap dan anda tidak bisa baca message di group, yang hanya bisa di lakukan adalah untuk meminta salah satu group member/admin untuk invite ulang anda ke group. Anda harus leave group dulu atau suruh member hapus nama anda di group dulu baru invite ulang. Makanya penting adanya lebih dari 2 member yang pegang kunci admin di group BBM.
Sumber : androidblackberry.web.id