Cara wipe atau format ulang BlackBerry berikut sebagai contoh menggunakan BB Curve 8520 atau BB Gemini. Tetapi langkah-langkahnya hampir mirip dengan tipe BB lainnya.

Wipe berfungsi untuk mengembalikan atau menormalkan sistem dari BB, kata lainnya biar seperti pertama saat beli BB baru. Bisa juga untuk mengatasi BB yang sudah LoLa alias loading lama.

Yang perlu diperhatikan sebelum melakukan Wipe adalah mem-backup data-data yang penting ke Memory Card/MMC sperti contact BBM. Dapat dilakukan dengan mencatat satu persatu pin bbm kontak kamu di kertas atau lakukan broadcast ke seluruh kontak kamu, agar menginvite kembali pin kamu nanti sehabis wipe.

Yang lebih tepatnya membackup dengan masuk ke menu option yg ada di menu BBM lalu pilih Back-Up, trus bisa kamu pilih cara backup secara lokal disimpen di MMC atau lewat email. Cara tersebut sangat mudah, dan aman, dan habis wipe kamu gak perlu lagi invite satu persatu pin kontak temen kamu. Tinggal di restore saja nanti bisa muncul lagi kontak-kontak kalian sehabis melakukan wipe.

Selain kontak, file-file yang kalian anggap penting yang ada di memory telepon bisa kalian pindah ke MMC, termasuk MeMo dan autoteks, dll

Pastikan smua data sudah ter-backup.

Trus tinggal melakukan langkah-langkah melakukan wipe:
  1.  Cari ikon yg bergambar obeng/kunci inggris namanya Option
  2.  Pilih security Option
  3.  Pilih security wipe
  4. Centang “email, contact, etc” untuk wipe standard. Kalo kamu ingin menghapus aplikasi yang bukan bawaan dari BB kamu bisa centang “user instaled applications” ini untuk menghapus smua aplikasi kecuali aplikasi resmi dari blackberry sperti fb, twitter, yahoo, dan aplikasi bawaan dari BB. Jangan menyentang “media card” karna nanti data yang ada di MMC bisa hilang tak berbekas.
  5. Lalu ketik “blackberry” pada kolom yang ada.
  6. Yakinkan diri kamu untuk menge-klik menu “wipe”
  7.  Prosespun terjadi… Ditunggu hasilnya…

Sumber : androidblackberry.web.id