Semua pengguna BlackBerry ber-trackball semisal BlackBerry 8310, 8320, 8900 dan 9000 pasti pernah merasa jengkel karena trackball BlackBerry kesayangannya ngambek. Maunya mengarahkan icon navigasi dengan trackball ke arah kanan-kiri-atas-bawah malah tidak ada respon. Masalah trackball merupakan masalah yang paling sering dikeluhkan para pengguna BlackBerry tersebut di atas.

Sebenarnya, dibandingkan dengan trackpad yang menjadi alat navigasi BlackBerry keluaran terkini, trackball lebih bandel dan tahan banting, khususnya bagi orang dengan tangan yang gampang berkeringat dan kurang apik (jari licin).

Hal ini disebabkan karena cara kerjanya yang masih serba mekanis. Namun, yang namanya debu selalu lihai. Debu bisa masuk melalui sela-sela trackball yang menyebabkan pergerakan bola tersendat.

Kita bisa menggantinya apabila memang sudah kepalang kesal dan tidak tahan lagi. Tetapi jika BlackBerry masih baru dan bergaransi, ini bukan pilihan yang tepat. Karena dengan mengganti trackball, berarti membongkar BlackBerry dan otomatis menghilangkan garansi.

Ada solusi mudah untuk mengatasi masalah ini. Kita hanya perlu sedikit meluangkan waktu untuk membersihkannya secara berkala, minimal sebulan sekali. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut :
  1. Matikan handset BlackBerry. Lepas baterainya.
  2. Ambil alcohol swab (kain penyeka) yang bisa didapatkan di apotek. Jika tidak ada, bisa menggunakan tissue beralkohol/tissue basah non perfume. Peras hingga agak kering.
  3. Lalu, gosok-gosokkan ke trackball dengan posisi handset BlackBerry menghadap ke bawah selama beberapa saat agar kotoran bisa melunak dan keluar.
  4. Setelah selesai, jangan langsung pasang baterai. Angin-anginkan dahulu sekitar 30 menit agar alkohol dapat mengering dan tidak membuat korslet.
Penting untuk diperhatikan!
  1. Hindari cairan yang mengandung minyak. Karena minyak tidak menguap dalam waktu singkat. Terlebih lagi nanti malah masuk ke celah trackball dan mempengaruhi kinerjanya atau merusak komponen lain.
  2. Hindari mencongkel trackball dengan benda-benda tajam dan keras karena dapat merusak komponen di dalam trackball.
  3. Usahakan agar tangan selalu bersih dan bebas dari minyak saat menggunakan trackball, sebab bertemunya minyak dan debu akan menjadi kotoran yang sangat lengket.
  4. Gunakanlah pouch atau holster agar trackball selalu terlindung pada saat dibawa berpergian.
  5. Selamat mencoba!
Sumber :  memobee.com