Kadang sebuah atau sekumpulan SMS begitu berarti bagi kita. Sehingga, jika SMS terhapus sistem, entah karena hard reset atau factory reset, kita bisa-bisa bersedih karenanya. Untuk Anda yang menggunakan smartphone Android tidak perlu khawatir SMS Anda hilang begitu saja. Karena perangkat ini memungkinkan kita untuk mem-backup kemudian juga me-restore SMS-SMS tersebut.

Nah, bagaimana caranya?

Cara backup data yang pertama ialah dengan menggunakan aplikasi yang bertebaran di Google Play. Apa saja sih aplikasi yang dapat mem-backup data dan me-restore SMS di Android Anda? Berikut daftar aplikasinya.

- SMS Backup & Restore (AD free) — Aplikasi gratis yang brilian ini dapat mem-back-up data SMS dengan jadwal yang kita setting, sehingga kita tidak perlu takut kelupaan untuk mem-backup SMS-SMS penting. Aplikasi ini dapat mem-backup dan me-restore semua pesan sms di smartphone bersistem operasi Android. Untuk menggunakannya, silahkan menuju Google Play. Selain aplikasi SMS Backup & Restore, ada juga aplikasi yang dikembangkan oleh Ritesh Sahu. Kegunaannya pun hampir sama, dan hasil backupnya menjadi satu file dengan format file xml. Silahkan menyambangi Google Play untuk mendapatkannya secara gratis.

- Titanium Backup Pro Key — Aplikasi berbayar ini membutuhkan ponsel yang sudah di ROOT, dapat melakukan backup dan restore dari Dropbox, menjalankan banyak file backup secara otomatis, dan bahkan menghapus crapware. Untuk mendapatkannya, Anda harus menyediakan biaya sebesar $5.72.

Cara backup data SMS yang kedua menggunakan Software. Nah, software yang kita bahas di bawah ini tidak hanya bisa mem-backup data berupa SMS, namun segala data yang ada di smartphone berbasis Android maupun iOS melalui PC. Software ini juga kompatible dengan Windows 8/7/XP/2003/Vista dan Mac OS 10.6, 10.7 dan 10.8. Untuk menggunakan software backup data yang diberi nama MobileGo Android Manager, berikut langkahnya.

- Install software di PC — Setelah selesai instalasi, hubungkan ponsel ke PC dan secara otomatis software tersebut akan mendeteksi perangkat yang Tekonke gunakan.  Perlu diingat MobileGo Manajer Android hanya kompatibel dengan handphone Android populer seperti Sony Ericsson / HTC / Motorola / Samsung / ZTE / LG / HUAWEI / Dell / Acer / Asus / Google.

- Ekspor SMS dari Android ke komputer — Klik pada tab SMS untuk membuka jendela management SMS. Kemudian pilih pesan-pesan yang ingin di backup, kemudian klik tombol “Impor / Ekspor” dan simpan pesan ke komputer dalam format .txt.

Itulah beberapa cara backup data dan restore SMS di smartphone Android yang dapat dilakukan. Selamat mencoba

Sumber:
Tekonke
rumpitekno.com