Pakai gadget saat terbang bakal diperbolehkan
Aturan yang memperbolehkan penggunaan ponsel selama penerbangan di Amerika Serikat nampaknya akan disahkan. Hal ini menyusul adanya desakan dari dalam tubuh FAA, federasi penerbangan Amerika.

Seperti dilansir oleh News, 28 anggota komite pengawas FAA memberikan dukungannya terhadap rencana ini. Dengan begitu, mulai dari ponsel, smartphone, tablet, hingga e-reader nantinya akan diperbolehkan untuk digunakan saat penerbangan.


Rekomendasi ini nantinya akan diserahkan secara langsung ke FAA untuk ditindak lanjuti. Di tangan FAA-lah nantinya akan diketahui apakah perubahan radikal dalam dunia penerbangan ini bisa dilakukan.

Selama ini, penerbangan baik yang bersifat domestik maupun internasional di seluruh dunia melarang penggunaan alat elektronik oleh penumpang. Hal ini dikarenakan adanya risiko gangguan telekomunikasi yang bisa dialami pesawat.

Namun, belakangan beberapa maskapai penerbangan termasuk Garuda Indonesia menyatakan sudah berani membolehkan penumpangnya untuk menggunakan gadget selama penerbangan. Bahkan, pihak maskapai juga memfasilitasi hal ini dengan menyediakan sambungan WiFi di ketinggian hingga 10 ribu kaki.

Banyak ahli yang kemudian juga menyatakan bahwa menggunakan gadget selama terbang tidak akan mengganggu kerja pesawat. "Perangkat-perangkat ini sama sekali tidak berbahaya," kata Senator Claire McCaskill yang rajin menekan FAA untuk menyetujui peraturan baru ini.

Sumber Merdeka.com