Cara Menggunakan Google DNS atau OpenDNS
Internetan di Android smartphone memang sangat menyenangkan tetapi bisa berubah menjengkelkan jika tiba-tiba membuka sebuah situs terasa lambat. Anda barangkali sering mengalaminya ketika koneksi internet sangat lancar tetapi sejumlah website sangat sulit diakses. Hal seperti itu bisa terjadi karena lambatnya DNS server dari penyedia layanan internet (ISP) yang Anda pakai. Layanan DNS gratis sebagai alternatifnya bisa Anda pakai, seperti Open DNS atau Google Local DNS.

Keduanya terjamin lebih cepat dan bisa diandalkan, sekaligus lebih aman dibanding server DNS yang digunakan ISP Anda. Tapi tidak seperti komputer desktop di rumah Anda, belum ada perangkat Android yang rilis dengan opsi untuk mengubah DNS server saat device ada di jaringan 3G atau 4G. Meski demikian Anda selalu punya alternatif jika menggunakan rooted Android. Anda bisa install aplikasi SetDNS yang dijual gratis di Google Play Store.
    Cara Menggunakan Google DNS atau OpenDNS

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah download dan instal SetDNS dari Play Store. Saat aplikasi dibuka pertama kali, akan muncul sebuah SuperSu/SuperUser yang menanyakan akses rooting. Aplikasi ini membutuhkan root access untuk bisa mengubah DNS server yang dipakai oleh perangkat Android And saat terkoneksi ke mobile network. Tanpa root access, aplikasi SetDNS hanya akan mengubah DNS server untuk perangkat Android Anda saat terkoneksi ke WiFi network.
  • Cara Menggunakan Google DNS atau OpenDNS

  • Selanjutnya Anda perlu memilih layanan DNS alternatif yang ingin Anda gunakan. Secara default, SetDNS akan mengambil Google DNS address tetapi hal itu hanya terjadi saat Anda menekan tombol Apply. Anda bahkan bisa menggunakan sebuah custom DNS server dengan cara memilih ‘custom option’ dari action bar.
Perlu dicatat bahwa SetDNS hanya berlaku gratis selama 24 jam. Setelahnya Anda diminta membeli versi berbayar ($1,99). Jika ingin menggunakan aplikasi serupa lain untuk mengubah DNS server, Anda bisa mencoba DNS Changer yang juga telah tersedia di Google Play Store.