Dibanding vendor lain, RIM (Research In Motion) terkesan kurang sosialisasi dalam hal ‘tata krama’ memperlakukan kartu memori, dalam hal ini microSD. Alhasil kebanyakan pengguna BlakBerry langsung mencabut secara langsung microSD dari slot apabila ada keperluan.


Padahal di hape lainnya, seperti Nokia Symbian dan Android akrab dijumpai istilah ‘safely remove a media card.’ Meski jarang dijumpai masalah, sejujurnya pelepasan secara ‘paksa’ microSD dari sarangnya bisa berakibat fatal, semisal ada data yang hilang/rusak, bahkan paling sadis bisa membuat ponsel hang, bila aplikasi yang berjalan ternyata tersimpan di microSD.

Nah, buat Anda pengguna BlackBerry, kini sudah saatnya mengetahui hal yang benar tentang pelepasan kartu memori. Vendor asal Kanada ini nyatanya sudah lama merilis menu untuk ‘remove’ kartu memori, meski jalurnya tidak sesederhana hape Nokia, tapi akan lebih baik Anda ikuti tips ini, jangan sampai microSD Anda bermasalah di kemudian hari.

1. Untuk BlackBerry OS 6 dan OS 7
a. Dari home screen > masuk ke menu options.
b. Pilih ‘device’ > storage.
c. Tekan tombol BlackBerry > pilih “safely remove media card”. Selanjutnya Anda bisa langsung melepas secara aman microSD.

2. Untukl BlackBerry OS 5 dan dibawahnya
a. Dari home screen > masuk ke menu options > pilih Media.
b. Tekan tombol BlackBerry > pilih “safely remove media card”. Selanjutnya Anda bisa langsung melepas secara aman microSD.

3. Bila Anda memasukkan microSD ke dalam smartphone, umumnya akan muncul informasi untuk melakukan format, bila direspon yes, maka seluruh data di kartu memori akan hilang. Di satu sisi, sistem format memori dari segi sistem hape memang dapat meningkat kinerja
Nah, sudah tahu kan cara mencabut dan memasang MicroSD di blackberry dengan benar? Mulai sekarang, perlakukanlah perangkat Anda tersebut dengan lebih manusiawi.

Sumberselular.co.id
rumpitekno.com