Smartphone Android
Smartphone Android “Penjelasan Lengkap"

Smartphone Android - Ketika kutipan tersebut ada di benak kami, maka mengetahui jawaban dari pertanyaan ini menjadi hal yang paling menarik bagi kami. Apa itu definisi atau pengertian Smartphone Android ? Sebelum mendefinisikan secara general dan agar definisi smartphone Android dapat dipahami secara mudah. Terlebih dahulu kita mencoba mendefinisikan apa itu Smartphone ? dan apa itu Android ?.

Definisi Smartphone atau dalam bahasa kerennya ponsel pintar versi Tekonke adalah, Smartphone, merupakan sebuah perangkat atau produk teknologi terbaru terpopuler dalam bentuk ponsel atau phablet yang memiliki fungsi lebih lengkap manfaat paling banyak atau lebih smart atau cerdas lebih dari sekedar format phone atau ponsel atau hp biasa yang hanay digunakan untuk keperluan melakukan panggilan, menerima telepon dan mengirim ataupun menerima pesan singkat atau sms.

Smartphone atau ponsel pintar atau hp cerdas dilengkapi dengan teknologi tercanggih terbaru dan mutakhir seperti spesifikasi hardware dan software terbaik yang memungkinkan penggunanya dapat melakukan beberapa aktifitas diluar kebiasaan saat menggunakan ponsel atau hp seperti aktifitas internet, browsing, downloading, streaming, uploading dan yang paling digemari adalah aktifitas chating, dan sosial media.

Apa itu Android ? berdasarkan pemahaman dan pengalaman pribadi dan ditunjang informasi penting dari luar berikut definisi Android versi Tekonke.  Mulai dikembangkan sejak Oktober 2003 di Palo Alto, California, AS oleh salah satu pendiri Danger yang bernama Andi Rubin dkk dan selanjutnya sepenuhnya di akuisisi oleh Google pada 17 Agustus 2005, Android adalah sebuah sistem operasi berbasis linux open source yang dibuat dengan bahasa pemerograman java, c ++ ,dan C, dimana tujuan pembuataannya adalah untuk penggunaan atau sebagai pendukung perangkat produk teknologi terbaru terpopuler seperti smartphone ataupun komputer tablet.

Definisi lengkap Smartphone Android 
Adalah sebuah produk perangkat teknologi populer terbaru (2009 – 2013) berbentuk ponsel atau phablet dengan balutan sepesifikasi hardware berteknologi mutakhir yang selain dapat digunakan untuk melakukan panggilan dan menerima telepon, mengirim dan menerima sms juga dapat digunakan untuk keperluan aktifitas internet seperti browsing, download, streaming, uploading, chating dan sosial media dengan bantuan atau dukungan  software open source berbasis linux bernama Android sebagai sistem operasinya.

Smartphone Andorid ditinjau dari varian modelnya
Tersaji dalam format keyboard fisik dan lebih dominan juga populer disajikan dalam format full layar sentuh, Maksud varian model Smartphone Android versi Tekonke adalah lebih mengarah pada bundling dan non bundling. Banyak beberapa rekanan Tekonke yang bertanya apa itu mas Smartphone Android model GSM apa CDMA ?. Smartphone Android di Indonesia sendiri biasanya disajikan dalam dua varian model yaitu ya GSM atau CDMA.
  1. Smartphone Android Model GSM – adalah Smartphone Android yang banyak dipasarkan di Indonesia dalam format kartu SIM GSM dari beberapa Operator Seluler terbesar di Indonesia yang juga biasanya langsung dibundling oleh masing-masing Operator Seluler Indonesia atau terpisah secara independen. Smartphone Android berbasis GSM juga biasanya disajikan dalam format satu slot kartu GSM atau dua slot Kartu GSM.
  2. Smartphone Android Model CDMA –   adalah Smartphone Android yang juga tak kalah banyak dipasarkan dan jadi alternatif pililhan bagi peminat smartphone android yang biasanya disajikan dalam format kartu bundling dari salah satu Operator Jaringan CDMA Indonesia. Dan baru-baru ini untuk menarik perhatian Smartphone Android model CDMA juga menyediakan slot dua kartu dimana, slot kedua dapat digunakan untuk kartu GSM.
Smartphone Android berdasarkan klasifikasi merek
Smartphone Android yang masuk dan dipasarkan dan digunakan sebagai besar masyarakat Indonesia rata-rata bermerek, Ada banyak smartphone android yang disajikan oleh pemegang merek-merek besar mulai dari Sony, Samsung, dan Baru-Baru Motorola, sementara untuk Smartphone Android Merek lokal yang disajikan dipasar Indonesia juga tidak kalah pamor seperti Smartphone Android Cross, Mito, Hisense, Alcatel, ZTE dll.

Smartphone Android berdasarkan versi tingkatkan
Versi OS Android pertama yaitu Donut 1.6 mulai digunakan beberapa vendor smartphone sejak 15 Februari 2009, Sementara kesuksesan OS Android pada smartphone mulai merangkat naik dan populer pada fersi Android 2.2 Froyo pada 2010 dibuntuti dengan Android versi 2.3 GingerBird 2011dan di Dongkrak OS Android terpopuler versi 4.0.X Ice Cream Sandwich (ICS) dengan tingkat distribusi paling tinggi hingga mencapai 28,6%.

Smartphone Android Versi Entri Level dan Level High End
Smartphone Android Versi Entri Level biasanya disajikan untuk segmen pasar menengah kebawah. Smartphone Android Entri Level di Indonesia biasanya harganya berkisar dari Rp. 1-2 jutaan tersedia baik Android Model GSM, atau CDMA.

Hp Android Entri Level ini disajikan tetap dengan spesifikasi terbaik dengan OS Android versi menengah hingga paling baru.

Sementara Smartphone Android Level High End adalah smartphone yang disajikan untuk pasar Indonesia pada Segment menengah ke Atas, dan kebanyakan smartphone Android Entri Level disajikan dalam format GSM dan dan bermerek, memiliki kelebihan dari segi fitur, hardware, dan teknologi serta versi OS Android tertinggi, dan yang pasti harga Smartphone Android Versi Level High End ini ditawarkan harga di atas Rp 5-7 juta dan biasanya smartphone android ini sudah mendukung untuk aktifitas penting seperti bisnis menjadi lebih mudah.

Sumber tekonke.com