8 Masalah iPhone 5 Yang Perlu Segera Dibenahi
iPhone 5 rilis sebagai smartphone terbaru Apple dengan fitur andalah screen 4 inci yang tidak pernah diberikan Apple di versi iPhone generasi sebelumnya. Sayangnya iPhone 5 dianggap belum 100% sempurna mengingat sejak dirilis di pasaran 21 September lalu, sejumlah pengguna telah melaporkan adanya error di iPhone 5 termasuk masalah di iOS Maps, WiFi juga Microsoft Exchange.

Itu adalah tiga masalah pokok yang dialami sebagian besar pengguna iPhone 5. Sayangnya, masih ada beberapa masalah minor yang terjadi pada sejumlah kecil pemilik iPhone 5 yang tidak banyak diberitakan di media. Karena itulah update iOS 6 perlu segera diberikan oleh Apple. Dan berikut adalah catatan situs Cnet tentang 8 hal yang perlu segera dibenahi Apple:

1. iOS Maps
Pencarian lokasi menggunakan iOS Maps membuat pengguna iPhone 5 terheran-heran karena selalu menunjukkan lokasi yang salah. Apple juga telah menyadari kesalahan tersebut dan melalui CEO Tim Cook, selain minta maaf Apple juga berjanji untuk segera memberikan perbaikan pada iOS Maps.

2. Goresan di Black iPhone 5
Munculnya goresan di iPhone 5 tidak dijumpai di model white. Bahkan jika Anda coba menggores bagian belakang white iPhone 5, body aluminum tidak akan meninggalkan bekas goresan. Tentu saja konsumen bisa dengan mudah memilih model white iPhone 5 daripada mengambil resiko dengan memilih model black. Tetapi itu menjadi catatan penting bagi Apple untuk segera memperbaiki kualitas hardware black iPhone 5.

3. Segera rilis aksesoris yang kompatibel dengan Lightning
Hingga saat ini tidak banyak aksesoris yang kompatibel dengan Lightning connector yang dipakai Apple di iPhone 5. Aksesoris iPhone 5 haruslah dijual dengan harga murah dan tersedia banyak tempat karena sekarang aksesoris iPhone 5 belum banyak yang dirilis atau sulit didapatkan. Juga bila memungkinkan, Apple perlu memberikan solusi untuk video output agar bisa bekerja via 30-pin adapter.

4. Mempermudah user dalam akses semua konten di iTunes
Pengguna iPhone 5 haruslah memiliki lebih banyak kemudahan saat ingin melihat koleksi video, musik dan buku miliknya tanpa harus berulang kali mencari ‘purchased’ tab yang tersembunyi di App Store dan iTunes. Untuk beberapa kasus, iTunes Match telah mampu mengatasi masalah itu tetapi konten yang telah terbeli seharusnya bisa dengan mudah dilihat seperti sistem yang dipakai Amazon app pada Kindle.

5. Memperbaiki App Store dan iTunes Store
Desain baru App Store dan iTunes Store terlihat sangat tidak nyaman dengan layout yang terkesan janggal. Tak hanya itu, kedua aplikasi tersebut juga sering mengalami crash. Searching tools di App Store juga perlu diperbaiki. Apple juga perlu mendesain bagian untuk aplikasi “iPhone 5” agar lebih jelas, sehingga terlihat perbedaannya dengan aplikasi iPhone 5 yang belum terupdate.

6. Menambahkan lebih banyak fungsi di Notification screen
Screen 4 inci di iPhone 5 seharusnya bisa menampung lebih banyak fungsi, seperti shorcuts ke settings, Stocks dan Weather apps.

7. Menjelaskan Passbok dan perbaiki integrasinya
Meski telah dijelaskan saat mengumumkan iOS 6 di iPhone 5 event, tetapi Passbook masih dianggap sebagai sebuah aplikasi misterius oleh sebagian besar pengguna iPhone 5. Itu karena mereka belum tahu cara memakai layanan terbaru iOS 6 itu. Memang benar bahwa Passbook terintegrasi dengan aplikasi dan layanan lain untuk memberikan digital tickets dan kupon belanja yang bisa dipakai di dompet digital Passbokk, tetapi bagaimana deskripsinya yang lebih jelas? Atau, bagaimana cara mendapatkan kupon belanja pertama? Kini dengan Starbucks app telah memiliki dukungan Passbook, semoga saja bisa memberikan penjelasan lebih kepada pengguna iPhone 5 mengenai cara menggunakan Passbook.

8. Lebih banyak dukungan untuk landscape mode
iPhone 5 memiliki widescreen display dan pastinya menyenangkan untuk menggunakan landscape mode saat nonton video. Sayangnya App Store dan iTunes tidak mendukung landscape mode, demikian juga sejumlah aplikasi inti lain.

Itulah 8 masalah di iPhone 5 dan iOS 6 yang perlu segera mendapatkan perhatian Apple untuk diperbaiki. Barangkali melalui sebuah update iOS 6.1? Semoga bisa diberikan dalam waktu dekat….

Sumber http://apple.gopego.com