Menghemat baterai iPhone
Menghemat baterai iPhone

Untuk mengantisipasi borosnya daya baterai iPhone dengan sistem operasi versi lama, maka iPhone memperbaikinya dengan merilis iOS 5.1 yang dipercaya mampu menghilangkan masalah baterai tersebut. 

Walau begitu, tidak ada salahnya tetap berusaha menjaga agar daya baterai iPhone tahan lama. Setidaknya, anda tidak perlu menchargenya setiap hari.

Inilah tips menghemat baterai iPhone:
Turunkan kecerahan layar
Tingkat kecerahan pada layar berpengaruh terhadap daya baterai. Turunkan sesuai kebutuhan, caranya, masuk ke menu Settings > Brightness dan atur kecerahan. Matikan juga Auto Brightness.

Atur Auto-Lock Lebih efektif
Umumnya pengguna iPhone akan mematikan layar saat sudah tidak digunakan. Mematikannya secara otomatis dalam rentang waktu tertentu mungkin akan lebih membantu. Caranya, masuk ke menu Settings > General > Auto-Lock.

Update sistem operasi iOS ke versi terbaru
Anda perlu mengupdate iOS 5 anda ke iOS 5.1 melalui OTA dari menu Settings > General > Software Update. Jika anda masing menggunakan iOS 4.x.x, anda perlu mengupdatenya melalui iTunes.

Matikan Location Service untuk Apps yang tidak perlu
Mematikan notofication saja tidak cukup menghemat baterai, oleh sebab itu, anda juga bisa mematikan Location Service yang terkait dengan apps pihak ketiga yang kurang penting, misalnya game atau beberapa aplikasi yang tiba-tiba membutuhkan Location Service. Cara mematikannya, masuk ke menu Settings > Location Services. Pilih apps yang dimaksud, pilih dari On ke Off.

Matikan opsi Setting Time Zone
Temukan opsi ini dengan cara, masuk ke menu Settings > Location Services > System Srvices > Setting Time Zone > On/Off. Lalu ganti pilihan On menjadi Off. Dengan fitur dari versi iOS 5.1 ini, dipastikan iPhone tidak akan berpindah dari zona waktu ke zona waktu lainnya. Daya baterai iPhone pun menjadi lebih hemat.

Matikan notifikasi yang tidak perlu
Di perangkat iPhone, aplikasi-aplikasi pihak ketiga bisa mengirimkan notifikasi berkala di mana akan membutuhkan koneksi internet secara paksa alias bersifat Push. Matikan saja notifikasi ini dengan cara masuk ke menu Settings > Notifications > In Notifications Center. Pilih apps yang dimaksud, lalu set semuanya menjadi Off, termasuk Alert Style yang dibuat None.

Matikan opsi Push di email
Selain untuk email dari akun iCloud, sebenarnya anda tidak perlu mengaktifkan Push sama sekali, karena iPhone akan mengambilnya berkala alias fetch. Kecuali bila anda mempunyai akun email di iCloud, maka anda bisa dengan aman mematikan Push. Caranya, masuk ke menu Settings > Mail, Contacts, Calendars > Fetch New Data.

Matikan Apps yang masih berjalan
Kemampuan multitasking memang sangat berguna, tetapi bisa membuat daya baterai boros. Matikan apps yangsudah tidak digunakan. Caranya dengan menekan tombol Home dua kali untuk menampilkan apps yang masih berjalan, lalu tekan salah satunya, tekan terus hingga muncul lingkaran merah di setiap ujung ikon apps.

Matikan opsi Checking WiFi
Sebaiknya matikan opsi pencarian WiFi, karena ini menguras daya baterai. Aktifkan di tempat anda akan menggunakan WiFi.  

Matikan SIRI saat layar terkunci
Bagi anda penguna iPhone 4s, and mungkin akan tidak sengaja mengaktifkan SIRI meski layar sudah terkunci. Umumnya ini terjadi karena anda menekan tombol Home agak lama. SIRI akan aktif seketika. Matikan SIRI, caranya masuk ke menu Settings > General > Passcode Lock.


Sumber .geniuslifetips.com