Beberapa waktu yang lalu, BB Dakota teman saya dikantor bertingkah "aneh". Yaitu selalu membuka aplikasi kamera meskipun sedang dalam keadaan standbye. Apabila mengambil foto maka muncul error: "Another application is using the camera. Could not start the camera". Jurus soft reset danhard reset tidak mempan. Sebagai staf IT, tentu akan mendapat "jatah" untuk memperbaiki BB dari salah satu varian paling mahal ini. 

Langkah pertama adalah upgrade OS, hasilnya? Gagal. Error masih muncul T_T

Langkah kedua, berkunjung ke padepokan Mbah Google. Setelah bertapa di berbagai halaman web, akhirnya mendapatkan petunjuk disalah satu forum pengguna BB, bahwa kemungkinan error terjadi pada hardware kamera. Bisa karena terjatuh atau terjepit di tas/saku, sehingga kemungkinan partkamera keluar dari dudukannya. 

Untuk memperbaikinya cukup sederhana (tapi butuh nyali ^_^) yaitu dengan cara menekan pada bagian kamera (di sekitar optik) secara hati-hati sampai terdengar bunyi "tek" yang menandakan part kamera kembali sudah pada posisinya hehehehe. Kemudian coba lagi aplikasi kameranya, kalau perlu restart bb.Bagi pemilik BB Dakota, saya sarankan jangan memakaisoft/hard case yang belakangya plastik supaya kamera tidak tertekan pada saat disimpan :)

Sumber : budiarto82.blogspot.com