Tips Mengatasi Masalah Samsung Galaxy S4
Samsung baru saja mengedarkan handphone android terbarunya yaitu samsung galaxy S4. Galanxy S4 telah terjual lebih dari 10 juta unit diseluruh dunia angka penjualan yang cukup fantastis ini tidak luput dari berbagai fitur dan tampilan yang sangat smart dari produk ini yang mampu menghipnotis berbagai kalangan untuk membeli S4. Samsung telah menjadi salah satu best seller untuk penjualan perangkat canggih / gadget terbaru bebasis android dan tingkat pengguna produk ini terus meningkat sepanjang tahun ini.


Walaupun galaxy S4 sangat digandrungi diseluruh dunia dengan design dan feature nya yang sangat menawan tetapi tetap terdapat beberapa kelemahan dari gadget yang tergolong mahal ini. Berdasarkan terstimonial maupun laporan dari pengguna samsung galaxy s4 ada beberapa problem yang menjadi kendala dari gadget ini, beberapa problem serta solusinya akan coba kami bahas disini.

Daya tahan batrai, Smart Phone ini menggunakan batrai 2600 mAh tetapi cepat sekali habis dan bahkan tidak tercharge walaupun tidak digunakan sepanjang malam. Bahkan beberapa pengguna mengatakan bahwa batrai bisa berkurang hingga 50% walaupun tidak digunakan sama sekali sepanjang malam. Tentunya ini sangat menggagu para pengguna smartphone Galaxy S4 karena tentunya semua kecanggihan serta aplikasi-aplikasi yang ada didalam gadget ini tidak dapat digunakan tanpa adanya batrai yang memadai. Bagaimana mengatasi masalah ini berikut ini caranya :

  1. Matikan fitur Wi-Fi, Data, Bluetooth, NFC dan S Beam, nyalakan fitur-fitur ini jika hanya diperlukan. Fitur-fitur ini adalah penyebab utama dari borosnya batrai Samsung Galaxy S4 anda.
  2. Matikan fitur extra seperti  Air View, Multi Window, Air Gesture, Smart Stay dan Smart Scroll. Jika fitur-fitur ini dibuka setiap saat maka batrai S4 anda akan tersedot dengan cepat
  3. Sesuaikan brightness dari layar s4, tentunya kita tidak memerlukan keterangan layar hingga 100%, gunakan save power mode untuk mengatur keterangan layar yang dibutuhkan untuk lebih menghemat daya tahan batrai.
  4. jika batrai anda sudah penuh jangan terus menerus mencharge batrai anda, karena ini akan sangat berpengaruh pada daya tahan batrai anda.

Masalah Memmory Internal. Samsung memiliki internal memmory sebesar 16 Gb, memang jika dilihat dari kuantitas memmory yang di berikan terlihat sangat besar, tetapi aplikasi yang ada didalam smart phone ini sangat menguras memmory yang disematkan, kurang lebih 8 Gb digunakan untuk OS Android, feature Samsung Touch Wiz dan beberapa aplikasi extra seperti S Translator dan S Health, yang lebih parahnya lagi aplikasi dasar dari Samsung Galaxy S4 ini tidak dapat di uninstall.


Solusi. Untuk mengatasi masalah ini gunakan selalu external memmory card untuk menyimpan aplikasi maupun file multimedia yang besar, jadi gunakan memmory internal hanya khusus untuk aplikasi internal smartphone ini. Samsung juga telah memberikan respons yang baik dan akan segera memberikan update untuk mengatasi masalah ini.

Masalah Wi-Fi. Ada beberapa masalah laporan mengenai koneksi wi-fi yang tidak dapat terkoneksi ke jaringan wi-fi dengan beberapa model Dlink router. Hal ini dapat diatasi dengan melakukan setting di dalam router Dlink mereka, log in ke web interface setting dari router Dlink dan matikan fitur WME (Wireless Multimedia Extensions)

Respons yang lambat. Samsung Galaxy S4 juga sedikit gagap / lelet saat membuka atau menutup beberapa aplikasi yang berbeda. Hal ini juga kadang terjadi ketika tombol home di tekan.
Solusi untuk masalah ini anda dapat melakukan setting sebagai berikut :
Settings>My device> Lock Screen; kemudian tap Unlock Effect dan rubah menjadi  it to None.

Panas. Ini adalah masalah paling utama pada Samsung Galxy S4, kalau hanya sekedar hangat sebenarnya bukan merupakan masalah utama, tetapi banyak yang mengatakan bawha perangkat ini mengeluarkan panas yang sangat berlebih bahkan terkadang terlalu panas.  Ini terjadi terutama saat memutar file movies / multimedia dan game-game berat. Bahkan terkadan panas berlebih ini terjadi saat melakukan telephone, browsing internet, dan saat charging.


Solusi untuk masalah ini adalah :

  1. Selalu update OS maupun aplikasi Samsung Galaxy S4
  2. Hindari penggunaan aplikasi yang berat secara bersamaan. Juga gunakan aplikasi secara stabil, jangan berpindah aplikasi dan aktifitas handphone secara acak dan teralu cepat.
  3. Mungkin cara ini bisa membantu, coba keluarkan memmory card anda dan lakukan backup data anda, masukkan kembali memmory card dan format ulang memmory card anda.
  4. Jika handphone anda masih mengeluarkan panas yang mengganggu mungkin saja hardware anda yang bermasalah segera laporkan masalah ini ke vendor Samsung terdekat untuk klaim garansi handphone anda.
Demikianlah beberapa masalah serta solusi yang dapat anda lakukan untuk mengatasi masalah pada Samsung Galaxy S4 anda. Jangan lupa untuk selalu memantau update terbaru untuk handphone anda agar selalu up to date.

Sumber snippts.me