Tune-up Your Android
Tune-up Your Android
Apa Anda salah satu pengguna Android yang kerap dibuat kesal dengan ponsel yang melambat meski tidak membuka banyak aplikasi? Kinerja ponsel yang melambat  biasanya terjadi lantaran terlalu banyak aplikasi yang terpasang di ponsel. Meski aplikasi tersebut tidak dibuka, ada beberapa background process yang berjalan sehingga selain menyebabkan ponsel melambat juga menguras daya baterai. Lalu solusi apa yang bisa dilakukan? Simak tips dari PULSA berikut:

Uninstall Aplikasi dgn Uninstall master

Salah satu cara paling praktis untuk mempercepat kinerja ponsel adalah dengan menyingkirkan atau uninstall aplikasi yang tidak terpakai. Jika aplikasi yang terpasang di ponsel begitu banyak, menyingkirkannya satu persatu tentu akan sangat merepotkan bagi Anda. Beruntung kini Anda dapat menghapus sekaligus beberapa aplikasi dalam sekali langkah.

  1. Download dan Instal Uninstall Master.
  2. Buka Uninstall Master dan tunggu hingga Uninstall Master menampilkan daftar aplikasi yang terpasang di ponsel.
  3. Pilih aplikasi yang ingin Anda hapus dengan memberikan tanda centang dikotak sebelah nama aplikasi. 
  4. Berikutnya berikan konfirmasi penghapusan aplikasi. Agar aplikasi tersebut dapat Anda instal kembali, silakan centang kotak disebelah move to recycle bin.
  5. Berikutnya Anda akan diminta untuk memberikan izin super user privilige agar proses penghapusan aplikasi dapat dilanjutkan. Perlu diketahui bahwa untuk proses uninstal dengan move to recycle bin aktif, ponsel Anda harus lebih dulu di-root.
  6. Selanjutnya Anda tinggal pilih OK untuk melanjutkan uninstal aplikasi.
  7. Anda juga dapat melakukan uninstal aplikasi bawaan jika ponsel Anda telah di-root. Silakan geser kesamping kanan untuk masuk ke tab System App.
  8. Untuk mengembalikan aplikasi yang telah di-uninstal silakan masuk ke tab Recycle Bin.

Uninstall Aplikasi dgn Greenify
Jika Anda tidak ingin menghapus aplikasi yang terpasang pada ponsel, Anda dapat menggunakan Greenify untuk mematikan background process. Greenify sendiri sebenarnya adalah aplikasi gratis yang memerlukan akses root agar dapat dijalankan.

  1. Download dan Instal Greenify
  2. Buka Greenify hingga Anda melihat tampilan seperti pada gambar. Silakan pilih ikon + untuk melihat aplikasi yang ingin Anda matikan background process-nya.
  3. Berikutnya pilih aplikasi dan lanjutkan dengan memilih tanda centang.
  4. Jangan lupa untuk memberikan izin akses root dengan memilih allow pada saat muncul Superuser Request.
  5. Aplikasi yang berhasil Anda matikan background process-nya akan masuk ke tab “Hibernated”


Sumber:tabloidpulsa.co.id